Kenali Syarat 5 C untuk mengajukan pinjaman modal ke perbankan. - Juragan Post

Selasa, 26 Juli 2016

Kenali Syarat 5 C untuk mengajukan pinjaman modal ke perbankan.

gambar via ilustrasiblog.blogspot.com

Hai hai hai kembali lagi ke blog ide juragan. Hari ini kita akan membahas tentang salah satu persyaratan formal perbankan Kalau anda mau mengajukan pinjaman. Persyaratan ini yang biasa dikenal dengan 5C singkatan dari character, condition of economy, capacity to reply, capital, dan  collateral. 5 C digunakan untuk menilai apakah seseorang yang mengajukan kredit dapat disetujui atau tidak.

C pertama adalah character (karakter watak) adalah data tentang kepribadian dari calon pelanggan seperti sifat-sifat pribadi kebiasaan hidup keadaan dan latar belakang keluarga maupun hobinya karakter ini digunakan untuk mengetahui apakah nantinya calon nasabah ini jujur berusaha untuk memenuhi kewajibannya dengan kata lain ini merupakan willingness to pay.

Apa itu willingness to pay? Willingnes top pay berkaitan dengan itikad baik nasabah. Wilingges to pay Adalah kesediaan nasabah untuk membayar pinjaman yang diterimanya kepada bank yang sudha mengucurkan pinjaman.

C yang kedua adalah capacity atau Kemampuan.  Kemampuan calon nasabah dalam mengelola usahanya yang dapat dilihat dari pendidikannya, pengalaman mengelola usahanya dan sejarah perusahaan yang pernah dikelola pernah mengalami masa sulit atau tidak. Jika pernah mengalami masa sulit, dikorek informasi bagaimana ia mengatasi masa sulit itu. Kemampuan ini merupakan ukuran dari kemampuan nasabah untuk membayar.

C yang ketiga adalah capital atau modal. Modal adalah kondisi kekayaan yang dimiliki oleh perusahaan yang dikelola. Modal ini bisa dilihat dari neraca, laporan laba rugi, struktur permodalan, total Keuntungan yang diperoleh seperti Return of equity dan pengembalian investasi pada usaha yang berskala besar dari kondisi tersebut dapat dilihat apakah layak calon pelanggan diberikan pembiayaan dan berapa besar plafon pembiayaan yang layak diberikan

C yang keempat adalah collateral atau jaminan. Jaminan adalah barang yang dapat diserahkan oleh peminjam sebagai jaminan atas kredit yang diterimanya. Pada hakekatnya bentuk jaminan ini bisa bermacam-macam tidak hanya jaminan kebendaan (bergerak atau tidak bergerak) yang berwujud secara fisik tetapi juga jaminan yang tidak berbentuk kebendaan misalnya jaminan pribadi, rekomendasi dan kelembagaan non pasar. Kelembagaan non pasar seperti kekeluargaan dan hubungan personal dapat menjadi jaminan pengganti dari ketiadaan jaminan aset dalam penyaluran kredit secara individu. Pola ini juga telah diaplikasikan oleh BRI Unit Desa dimana kredit diberikan kepada UKM dengan cara membangun hubungan baik antara sebabnya kredit dan UKM, di mana hubungan baik antara sang pemberi kredit nasabah UKM akan memudahkan mereka mendapatkan informasi tentang karakter dan kemampuan finansial UKM dalam membayar kembali kredit yang telah diberikan

C yang terakhir adalah condition atau kondisi. Kondisi mencakup situasi dan kondisi politik, sosial, ekonomi dan budaya yang dapat mempengaruhi kelancaran usaha dari pihak yang memperoleh kredit. pengalaman krisis moneter tahun 1997 yang mengakibatkan terpuruknya sektor perbankan mengakibatkan banyak perusahaan besar yang gulung tikar dan tidak mampu lagi meneruskan usahanya karena Tingginya tingkat suku bunga pada waktu itu.

Nah dengan mengetahui lima persyaratan diatas, Anda dapat mempersiapkan segala sesuatunya sesuai dengan kriteria tersebut jika ingin mengajukan pinjaman modal ke perbankan. Satu hal yang perlu dipersipakan khususnya adalah data mengenai laporan keuangan dari usaha yang dikelola.

Demikian pembahasan kali ini semoga bermanfaat.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda