Siapapun Bisa Jadi Pemasar, Tips ala Jenu Widjaja Tandjung - Juragan Post

Senin, 09 Oktober 2017

Siapapun Bisa Jadi Pemasar, Tips ala Jenu Widjaja Tandjung


Ketika anda memustuskan untuk mengeksekusi ide bisnis anda menjadi sebuah usaha yang nyata. Lalu produk atau jasa pun anda ciptakan. Maka anda butuh kegiatan pemasaran agar produk atau jasa anda dikenal dan orang mau membelinya.


Siapapun bisa menjadi pemasar. Untuk bisa menjadi pemasar yang baik tentu ada langkah-langkahnya. Artikel ini akan membahasa langkah-langkah bagi orang awam sekalipun agar bisa menjadi pemasar yang baik. Jenu Widjaja Tandjung, seorang praktisi marketing, dalam bukunya Everyone is A Marketer, memberikan langkah-langkah bagi anda untuk bisa menjadi seorang pemasar.

Berikut langkah-langkah agar seseorang dapat bertindak sebagai pemasar seperti yang dikutip dari buku Everyone is A Marketer:

1. Mau belajar “Menjual” dan mengerti “product Knowledge”
Jika ingin dapat menjual, maka setiap karyawan harus mau belajar keahlian untuk menjual (selling skill) sehingga dapat melayani pelanggan. Demikian juga dengan product knowledge harus dikuasai dengan baik agar dapat menjelaskan kepada pelanggan apa yang dijual perusahaan atau bisnis anda.

2. Mau mendengarkan kebutuhan dan keinginan pelanggan
Sebenarnya syarat menjadi pemasar sangat mudah, yaitu kita harus mau mendengarkan kebutuhan dan keinginan pelanggan. Janu memberikan contoh seorang petugas keamanan Bank dapat menjadi pemasar yang baik dengan menyapa pelanggan yang datang dan mampu melayani pelanggan dengan baik. Demikian pula, bagian pengiriman dapat menjadi pemasar profesional, jika mereka mengirimkan produk yang dipesan pelanggan secara santun dan hati-hati.

3. Berpikir bahwa pelanggan memiliki masalah
Setiap pelanggan yang datang kepada kita, tentu memiliki masalah. Misalnya pelanggan situs Nusfeed.id, tentu menghubungi bisnis itu karena mereka memiliki masalah kebutuhan pakan. Jadi apapun bisnis kita, setiap karyawan yang ada di perusahaan atau di bisnis kita selayaknya harus membantu pelanggan yang datang.

4. Berpikir bahwa pelanggan adalah yang terpenting
Setiap pelanggan yang berpikir bahwa mereka memiliki pelanggan, tentu akan memprioritaskan pelanggan untuk dilayani secara memuaskan. Balik lagi ke situs nusfeed.id misalnya, bagian penagihan akan mengirimkan jumlah tagihan dengan benar. Demikian pula bagian distribusi akan bekerja dengan benar. Semua menyadari bahwa jika mereka bekerja dengan benar, maka pelanggan akan puas. Jadi meskipun bukan bagian pemasaran, mereka menyadari bahwa sesungguhnya mereka juga memiliki peran bagi pelanggan yang merupakan bagian terpenting dalam sebuah bisnis. Tanpa pelanggan, mereka akan di PHK dan anda akan bangkrut.

Selamat memulai langkah untuk menjadi pemasar yang baik dan benar.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda