Software akuntansi gratis untuk memudahkan pembukuan bisnis anda - Juragan Post

Senin, 27 November 2017

Software akuntansi gratis untuk memudahkan pembukuan bisnis anda


Hei kamu masih pusing soal pembukuan bisnis kamu. Selama ini masil manual dan ribet. Kali ini kami akan membahas tentang software akuntansi gratis buat kamu.

Perkembangan teknologi dalam informasi dan komunikasi meningkatkan perkembangan dalam dunia akuntansi perusahaan, salah satu yang berkembang dan umum diimplementasikan adalah Aplikasi Sistem Komputer Akuntansi atau sering disebut Software Akuntansi. Manfaat aplikasi sistem komputer akuntansi adalah

1. Mempermudah dalam menyusun laporan keuangan perusahaan dengan akurat, efisien dan cepat;
2. Kecepatan dalam mendapatkan laporan keuangan; yang dihasilkan secara otomatis oleh komputer  dibandingkan dengan cara manual;
3. Memiliki tingkat ketepatan yang tinggi;
4. Mampu menghasilkan dan menampilkan lebih banyak data dengan mudah dan cepat sehingga efeisiensi dapat tercapai.

Nah manfaat sudah dijelaskan. kalo kamu masih ngeyel juga betapa pentingnya pencatatan keuang usaha, kamu bisa baca artikel Uang Bisnisku Digondol Tuyul. Sekarang lanjut ke software-nya karena kamu pasti penasaran.

6 Software Akuntansi Gratis Versi Desktop

Kami sudah menyusun 6 softwre akuntansi gratis versi desktop. keenam software akuntansi ini sudah kami coba terlebih dahulu. Berikut ini adalah software-software Akuntansi gratis versi desktop untuk sistem operasi windows:



1. BS 1 Accounting

Perangkat Lunak Akuntansi Gratis: General Ledger, Utang Usaha, Piutang Usaha, Inventaris, Analisis Penjualan, dan Rekonsiliasi Bank. Kustomisasi dan kode sumber Delphi tersedia untuk beberapa database.




Kelebihan software ini adalah ukuran filenya yang kecil. Mendukung fasilitas pencetakan invoice. Kelemahan software ini tampilannya yang kurang ramah pengguna. Menyulitkan pengguna pemula untuk menggunakannya saat pertama kali.



2. Delta60 accounting software

Delta60 memiliki versi World baru dan antarmuka pengguna grafis baru. Delta60 adalah Paket Software Akuntansi terpadu yang mencakup: Akun penerimaan, Akun Pengeluaran, Faktur, Inventaris, Payroll dan General Ledger. Versi Dunia menambahkan fleksibilitas bagi pengguna internasional.

Kelebihan software ini fiturnya cukup lengkap. Ukuran file juga kecil. Bisa digunakan di komputer dengan spesifikasi rendah. Kekurangan dari software ini tidak mendukung bahasa Indonesia. Tampilan yang kurang ramah pengguna dan terkesan jadul.


3. Turbo Cash

Software akuntansi yang tersedia gratis dengan lisensi GPL. Software keluaran turbocashuk ini mendukung bahasa Indonesia. Turbocash tersedia dalam 17 bahasa dan dapat dikonfigurasi untuk penggunaan di negara berbeda termasuk dengan sistem pajkanya yang berlaku di negara-negara yang sudah tersedia dalam software ini. Turbocahs juga mendukung penggunaan multi user dengan dukungan LAN. Fitur keuangannya meliputi general ledger, buku kas, data konsumen, data suplier, stock barang, dan menyediakan fasilitas invoicing.

Keunggulan software ini memiliki fitur laporan yang lengkap disertai grafik laporan. Fitur laporan ini sangat memudahkan para eksekutif untuk mengambil keputusan. Kekurangan dari software ini adalah ukuran file yang besar. Butuh komputer dengan spesifikasi tertentu untuk menjalankan software ini.

4. GNUcash

GnuCash merupakan software akuntansi yang tersedia gratis untuk penggunaan personal dan usaha kecil menengah. Software ini tersedia gratis dengan lisensi dibawah GNU GPL.  Software ini tersedia untuk berbagai macam sistem operasi seperti Windows, Mac, Linux, Solaris, dan BSD. Software ini menggunakan buku cek seperti register GUI untuk masuk dan melacak rekening bank, saham, pendapatan dan pengeluaran. GNUcash didesain agar sederhana dan mudah digunakan untuk orang awam sekalipun, dengan tetap berdasarkan prinsip akuntansi formal.

Kelebihan software ini tampilan yang ramah pengguna. Tersedia fitur laporn keuangan yang lengkap mulai dari aset, laporan penjualan dan pembelian, arus kas dan lain-lain. Laporan keuangan ini sangat memudahkan pemilik usaha untuk mengetahui kondisi keuangan perusahannya. Kekurangan software GNUcash adalah ukuran file yang besar, membuatnya membutuhkan waktu relatif lama saat diinstal. Dengan file besar juga butuh komputerr dengan spesifikasi tertentu untuk menjalankannya agar berkerja secaa optimal.


5. Microsoft Office Accounting Express

Software akuntansi gratis yang pertama adalah Microsoft Office Accounting Express atau MOAE. MOAE sebenarnya merupakan program promosi dari MOAP (Microsoft Office Accounting Professional), sehingga anda bisa mendapatkannnya secara gratis. Namun meskipun hanya sebuah program promosi gratis, MOAE cukup dapat diandalkan. Tampilan antarmuka MOAE cukup detail dan sederhana, yang membuatnya mudah digunakan. Untuk membuat laporan keuangan anda bisa langsung menginput data transaksi dari nota, faktur, dkk tanpa perlu terlebih dahulu membuat jurnalnya. Sangat mudah, bahkan jika anda tidak mengerti akuntansi, dengan bantuan MOAE anda bisa membuat laporan keuangan dengan sangat baik.

Selain laporan keuangan, MOAE juga secara otomatis aan menampilkan laporan lain yang akan anda perlukan untuk mengetahui kondisi keuangan perusahaan. Kekurangan MOAE ada pada fitur perpajakannya yang tidak memfasilitasi peraturan perpajakan di Indonesia. Overall, MOAE sangat recommended untuk anda yang membutuhkan software akuntansi namun tidak memiliki budget, karena software ini bisa anda gunakan secara Cuma-Cuma.

Namun dalam hal perpajakan, MOAE tidak memfasilitasi kepentingan peraturan perpajakan yang berlaku di Indonesia. Hanya saja, dalam software ini fitur pajak yang tersedia yaitu dengan menginput tarif pajak tunggal yang ingin dibebankan terhadap suatu transaksi.

6. Manager


Aplikasi terbaru yang dapat diaplikasikan untuk Usaha Kecil Menengah adalah software Manager yang dapat di unduh secara gratis di www.manager.io untul single desktop user. Manager adalah aplikasi yang berasal dari Australia dan dikembangkan oleh pengguna aplikasi ini sendiri melalui forum online di website resmi. Manager memiliki prinsip bahwa suatu software yang baik harus bekerja dengan konfigurasi dan setup yang sedikit saja.  

Keunggulan yang dimiliki oleh Manager antara lain; User Friendly, yang artinya pengguna yang tidak memiliki latar belakang akuntansi dapat menjalankan aplikasi ini. Tersedia dalam berbagai bahasa, termasuk Indonesia. Dapat digunakan untuk usaha menengah kebawah. Aplikasi ini dapat disesuaikan dengan standar akuntansi yang berlaku pada entitas tersebut. Memuat perhitungan pajak. Multi Company yaitu dapat digunakan oleh beberapa pengguna (anak perusahaan) sekaligus dengan menggunakan server edition. Program ini tersedia gratis dan selalu update dengan cepat.

Kemudahan-kemudahan ini kemudian menjadikan program ini aplikatif pada usaha menengah kebawah dan biaya operasionalnya lebih murah.




Aplikasi Akuntansi Versi Android

Setelah membahas 6 software akuntansi gratis berbasis desktop. Nah kami juga akan memberikan satu software gratis berbasis android, jadi anda bisa gunakan di gadget pintar anda. Kami hanya merekomendasikan satu aplikasi gratis, yakni si apik.

Si APIK

Aplikasi akuntansi (pencatatan informasi keuangan/SI APIK) bagi usaha mikro dan kecil. Aplikasi pembukuan ini dapat mencatat jenis transaksi sederhana bagi usaha perorangan (usaha mikro) maupun juga usaha kecil. Perbedaan pencatan usaha mikro dibandingkan usaha kecil terletak pada kompleksitas pencatatan dan laporan keuangan. Usaha Mikro hanya mencatat dan melaporkan sumber dan penggunaan dana, sementara usaha kecil menengah (UKM) menyusun laporan yang lebih lengkap seperti laporan laba rugi, arus kas dan neraca.  


Standard pencatatan tersebut mengacu kepada standard yang disusun oleh Bank Indonesia bersama Ikatan Akuntan Indonesia (IAI). Jadi, sistem pencatatannya sudah baku, diakui dan dapat diterima oleh perbankan maupun lembaga keuangan lainnya. Dengan demikian, laporan-laporan dari aplikasi ini akan dijadikan landasan bagi pengajuan pembiayaan (kredit) kepada perbankan maupun lembaga keuangan lainnya.

Pencatatan dalam aplikasi ini mencatat double entry (debit-kredit) dengan sistem input single entry atau menurut jenis-jenis transaksinya, bukan menginput berdasarkan akun-akun yang merumitkan. Pengguna tidak perlu memilih transaksi debit dan lawan transaksi kreditnya. Pengguna hanya perlu mengkategorikan apakah transaksi yang akan dicatat termasuk penerimaan atau pengeluaran.


Untuk mendapatkan aplikasi ini, kamu bisa download di play store dengan kata kunci si Apik BI atau klik Link Si APIK. Tidak dibutuhkan spesifikasi tinggi untuk menggunakan aplikasi si apik ini, pada tab dengan android bawah pun aplikasi ini dapat berjalan.

Nah demikian pembahasan kali ini. Semoga bermanfaat

Bagikan artikel ini

17 komentar

  1. Keren penjabaran dan review-nya gan. Coba deh dijabarin juga yang versi berbayar pasti sangat membantu bagi yang tidak mau terlalu ribet. Kalau di software akuntansi yang disediakan www.siscom.co.id menyediakan support yang handal.

    BalasHapus
  2. nih saya tambahin lagi software akuntansi yang bisa kalian pake yang punya fitur lengkap buat ngurusin proses kegiatan akuntansi bisnis yaitu Acumatica Cloud ERP

    BalasHapus
  3. saya juga ada nih daftar - daftar software keuangan terbaik yang bisa di jadikan pilihan buat ngelola bisnis.

    daftar software keuangan terbaik

    BalasHapus
  4. saya ada recom gan utk software accounting handal dg layanan support memuaskan. tersedia paket free edition utk wilayah Surabaya, Jawa Timur dan Indonesia bagian timur.

    bisa lihat di sini
    https://fina-software-accounting.blogspot.com/?m=1

    info lengkap hubungi no wa
    081331940880 tks

    BalasHapus
  5. perkembangan aplikasi akuntansi keuangan di dunia bisnis sekarang emang udh semakin berkembang ya.

    BalasHapus
  6. Artikel yang menarik! namun ada harga ada kualitas lebih.

    LIMAX Accounting Software

    BalasHapus
  7. Coba review software berbayar seperti software akuntansi terbaik yaitu Software Accurate . Atau software ERP dengan harga terjangkau seperti Keysoft . Tersedia layanan support juga.

    BalasHapus
  8. SI APIK itu baru tau, habis ini aku coba-coba ah. Kalau yang GNU cash dan Turbo Cash itu emang lengkap sih, minus ditampilan aja, tapi menurutku oke oke aja kalau untuk usaha kecil, daripda bayar mahal. Kalau yang gratisan dan online menurutku salah satu nya yang enak itu kledo sama WaveApps

    BalasHapus
  9. Bisa di coba Free Accounting Software Indonesia khusus untuk UMKN.
    Link Download. https://www.ramaakunting.com/software-akuntansi-gratis/

    BalasHapus
  10. Bisa di coba Free Accounting Software indonesia untuk UMKM.
    100% Gratis dan bisa di gunakan selamanya.
    Link Download. https://www.ramaakunting.com/software-akuntansi-gratis/

    BalasHapus
  11. Bisa di coba Free Accounting Software indonesia untuk UMKM.
    100% Gratis dan bisa di gunakan selamanya.
    Link Download. https://www.ramaakunting.com/software-akuntansi-gratis/

    BalasHapus
  12. Mau menambahkan, ini juga ada software akuntansi keuangan yang gratis yang berbasis cloud:
    https://kledo.com/software-akuntansi-gratis/

    BalasHapus