Cerita Tentang kekuatan Mimpi Seorang Wirausaha - Juragan Post

Senin, 18 Desember 2017

Cerita Tentang kekuatan Mimpi Seorang Wirausaha



gambar via honda.mv

Hidup tidak akan berarti tanpa memiliki tujuan atau alasan yang jelas. Betapa benarnya pernyatan ini, karena tanpa tujuan yang jelas, hidup tidak akan ke mana-mana. Demikian juga jika ingin menjadi wirausaha yang sukses, kita harus memiliki tujuan hidup atau impian-impian sehingga dapat bekerja keras untuk mewujudkannya.

Tujuan dan misi hidup kita merupakan fondasi awal untuk menjadi seorang wirausaha yang sukses. Dengan memiliki tujuan hidup yang jelas, kita dapat memiliki semangat dan sikap mental yang diperlukan dalam membangun sebuah usaha yang memberi nilai tambah bagi kehidupan kita.

Keberhasilan dan kesuksesan menjadi wirausaha selalu berawal dari impian. Namun, tidak semua orang berhasil mewujudkan impiannya. Hal ini tergantung pada bagaimana kita bisa mengarahkan impian pada kenyataan yang kita harapkan. Orang yang berhasil mewujudkan impiannya adalah orang yang menyelaraskan antara impian dan tindakan.

Suatu impian akan dapat dicapai jika kita tidak terlena dan selalu hidup dalam dunia impian. Kita diharapkan untuk mau mengubah sikap dan tindakan kita menuju impian yang dicita-citakan. Jika saat ini kondisi dan keadaan kita jauh dari impian yang kita cita-citakan, kita harus mengubah prilaku dan tindakan kita untuk mencapainya. Kita tidak dapat mengharapkan hasil berbeda dengan melakukan hal yang sama. Dengan kata lain, kita harus kelua dari zona nyaman dan mulai melakukan hal-hal yang dapat membantu kita mencapai impian kita.

Banyak wirausaha sukses yang mengawali langkah keberhasilannya dengan bermimpi. Salah satunya adalah Soichiro Honda, pendiri dan pemilik perusahaan Honda. Pada waktu Honda masih duduk di bangku sekolah, Honda bukanlah siswa yang pandai. Pada saat guru menerangkan pelajaran, Honda sering melamun dan berkhayala tentang berbagai macam penemuan yang cemerlang, teurtama yang banyak berhubungan dengan mesin, karena Honda sangat menyukai bidang permesinan.

Oleh karena kebiasaannya bermimpi di kelas tersebut, Honda sempat dikeluarkan dari sekolah. Namun, ia tidak menghentikan semangatnya untuk mewujudkan semua impiannya. Termasuk membuat mesin kendaraan bermotor. Hingga saat ini Honda dapat memperlihatkan dirinya pada dunia bahwa ia adalah salah satu contoh orang yang sangat berhasil mengubah semua impian menjadi kenyataan. Dan sampai saat ini Honda teru-menerus melakukan inovasi-inovasi baru melalui impian-impian barunya dan terus melakukan kampanye The Power of Dreams melalui berbagai media massa ke seluruh dunia.

Kisah Honda memberikan pelajaran cukup menarik yangd apat kita petik bahwa setinggi apapun mimpi kita, jika benar-benar yakin dengan bahwa mimpi itu akan berhasil dan mau berusaha keras untuk mewujudkannya, pastilah suatu saat mimpi tersebut akan menjadi kenyataan.

Namun catatan besarnya, impian saja tidak cukup! Aksi nyata merupakan hal yang sangat penting bagi seorang wirausaha. Keberanian untuk memulai mewujudkan impian melalu tindakan yang penuh kedisiplinan, pantang menyerah, dan fokus adalah sifat-sifat yang dimiliki seseorang wirausaha sukses. Tanpa tindakan nyata, seseorang tidak akan pernah menjadi wirausaha sukses yang mampu mewujudkan impian-impiannya.


Dikutip dari buku Kecerdasan Entrepreneur karya Aribowo Suprajitno Adhi dan Sri Bawono terbutan Elex Media Komputindo.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda