Saatnya Buat Resolusi Tahun Depan! Apa yang ingin anda capai❓ - Juragan Post

Jumat, 29 Desember 2017

Saatnya Buat Resolusi Tahun Depan! Apa yang ingin anda capai❓


Akhirnya pemghujung tahuh telah tiba. Sebuah memontum yang tepat untuk mengevaluasi kinerja bisnis selama setahun terakhir. Apa saja yang sudah berhasil diraih dan apa saja yang belum. Ini juga waktu yang tepat untuk merenungkan kembali target apa saja ingin ingin diraih tahun depan.

Setiap memasuki pergantian tahun akan muncul resolusi-resolusi baru yang ingin dicapai. Yah, hal penting yang perlu kita lakukan adalah menyusun rencana dan sasaran yang ingin kita capai dalam kurun waktu satu tahun kedepan. Kita dapat memulai dengan membuat daftar kegiatan, kebiasaan, atau hal-hal yang ingin dilakukan tahun depan. Ingat kita tidak dapat mengharapkan hasil yang berbeda dengan melakukan hal yang sama terus menerus. Anda harus membuat komitmen untuk mengubah kehidupan dan kebiasaan-kebiasaan anda.

Jika ingin memulai sebuah usaha baru, kita harus menyusun langkah demi langkah yang perlu kita lakukan untuk merintis usaha tersebut. Yang paling penting adalah menetapkan target waktu dan jadwal kegiatan selama satu tahun, serta menetapkan ukuran atau indikator keberhasilan dalam setiap kegiatan yang kita lakukan. Dan, yang paling penting lagi dalam membuat resolusi tahun baru adalah memulainya sekarang.

Dalam menyusun resolusi tahun baru, buatlah prioritas dan pilihlah hal yang memang benar-benar kita inginkan. Hindari membuat daftar yang terlalu panjang sehingga kita tidak dapat berfokus pada hal-hal yang ingin menjadi prioritas. Rencana tahunan haruslah sesuatu yang bersifat SMART (spesific, Measurable, Achievable, Reality-based, and Time-based), artinya resolusi harus spesifik, terukur, dan dapat kita capai dengan apa yang kita miliki serta harus realistis.

Ayo tuliskan apa resolusi anda tahun depan. Anda dapat menuliskan daftar resolusi anda tahun depan seperti tabel berikut.
NoResolusiDeskripsiTanggal TercapaiKeterangan
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10

Dengan senantiasa melakukan latihan membuat dan menetapkan sasaran-sasaran kehidupan, misalnya menetapkan visi dan misi hidup, berarti kita telah mulai mengambil langkah pertama dan penting dalam upaya memulai usaha yang sukses. Sasaran akan tetap menjadi sasaran tanpa wujud jika tidak ada aksi. Mulailah langkah pertama. Ingat perjalanan jauh selalu dimulai dari langkah pertama.

Selamat menulis resolusi bisnis anda untuk tahun depan! 

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda