buku: Tafsir Ayat Ekonomi: Teks, Terjemah, dan Tafsir - Juragan Post

Jumat, 25 Mei 2018

buku: Tafsir Ayat Ekonomi: Teks, Terjemah, dan Tafsir

Judul buku: Tafsir Ayat Ekonomi: Teks, Terjemah, dan Tafsir
Penulis: Prof Dr H Muhammad. Amin Suma SH MA MM
Hal: 220 pages
Penerbit: AMZAH
Ukuran: 15,5 x 23, HVS 60 gr, cover ac 230 gr
Cetakan: ke - 1 - tahun 2013
Edition: -
ISBN: 978-602-8689-84-7
Call number: 297.1226 Sum t



Deskripsi Buku:

Perkembangan ekonomi berbasis hukum Islam atau lebih populer dengan ekonomi syariah mengalami perkembangan yang pesat. Banyak usaha yang menjalankan bisnisnya dengan konsep syariah. Konsep ekonomi syariah sendiri memiliki sumber nilai dari ajaran Islam, salah satunya tercantum dalam Al Quran.
Buku berjudul Tafsir Ayat Ekonomi: Teks, Terjemah, dan Tafsir ini menjelaskan dengan sistemik seputar isi dan maksud dari ayat-ayat ekonomi yang ada di dalam Alquran dengan tahapan penafsiran: penulisan teks ayat dan terjemahnya, makna kosakata (mufradat), makna global dan sabab al-nuzรปl, penjelasan dan korelasi interayat dan antarayat ekonomi yang satu dengan yang lain, serta istinbat ayat. Dengan langkah-langkah penafsiran semacam ini, para pembaca diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan memperluas wawasan tentang ekonomi syariah secara lebih mendasar, lebih luas, lebih utuh, dan lebih menyeluruh. 
Isi buku ini meliputi proses penciptaan langit dan bumi yang menjadi tempat aktivitas ekonomi dan sumber bahan baku ekonomi yang paling mendasar. Materi-materi lain yang ada di dalamnya mencakup nilai-nilai universal dan prinsip-prinsip dasar usaha ekonomi menurut Alquran yang sarat dengan nilai-nilai keadilan, kemerataan, dan keberkahan; terutama terkait dengan persoalan-perso-alan konsumsi, di samping produksi dan distribusi. Persoalan-persoalan ini dirasa kian mendesak dan sangat penting untuk dibahas dalam rangka mengembalikan karakter khas ekonomi Islam (syariah) yang benar-benar berbasiskan keadilan, kemerataan, dan keberkahan sebagaimana diajarkan Alquran. Dengan demikian, kehadiran buku Tafsir Ayat Ekonomi: Teks, Terjemah, dan Tafsir di tengah-tengah kemajuan ekonomi Islam (syariah) yang sedang menguat sejak dua puluh hingga lima puluh tahun belakangan ini tentu saja sangatlah tepat.
Penulis buku ini juga memiliki pengalaman panjang di ekonomi islam. Penulis tercatat pernah menjadi wakil ketua komisi fatwa MUI pusat. Juga pernah menjadi wakil ketua Dewan Syariah Nasional MUI (DSN-MUI) dimana fatwa-fatwa ekonomi islam ditelurkan. Selain itu penulis juga pernah duduk sebagai dewan pengawas syariah di berbagai lembaga keuangan syariah.
Selain dipersembahkan kepada masyarakat umum, sasaran utama buku ini adalah para mahasiswa dan dosen Universitas Islam Negeri (UIN), Institut Agama Islam Negeri (IAIN), Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN), Sekolah Tinggi Ilmu Syariah, dan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Islam (Syariah).

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda