Mudahnya menentukan Klasifikasi usaha dengan aplikasi KBLI - Juragan Post

Jumat, 31 Agustus 2018

Mudahnya menentukan Klasifikasi usaha dengan aplikasi KBLI




Anda pernah mendengar Klasifikasi Baku Lapangan Usaha Indonesia (KBLI)? bagi yang petnah menurus perizinan usaha seperti TDP dan SIUP pasti pernah bertemu dengan KBLI. Untuk anda yan usahanya belum terdaftar dan mau didaftarkan scara legal, tulisan kali ini akan membahas soal KBLI.
Salah satu hal yang penting dalam mendirikan perusahaan adalah memilih bidang usaha. Dalam istilah yang baku, ini disebut klasifikasi baku lapangan usaha. KBLI dikeluarkan oleh BPS.
Definisi Klasifikasi Baku Lapangan Usaha Indonesia (KBLI) menurut BPS adalah klasifikasi rujukan yang digunakan untuk mengklasifikasikan aktivitas/kegiatan ekonomi Indonesia ke dalam beberapa lapangan usaha/bidang usaha yang dibedakan berdasarkan jenis kegiatan ekonomi yang menghasilkan produk/output baik berupa barang maupun jasa. 
Kegunaan KBLI
  • KBLI digunakan untuk menyediakan arus informasi berkelanjutan, yang mutlak diperlukan dalam melakukan monitoring dan evaluasi dari pencapaian/ pelaksanaan perekonomian pada kurun waktu tertentu, misalnya dalam penyusunan PDB/PDRB.
  • Menyediakan suatu sistem pengklasifikasian kegiatan ekonomi/lapangan usaha yang dapat digunakan untuk mempelajari perilaku satuan-satuan ekonomi.
  • Menyajikan data statistik dengan lengkap dan terstruktur.
  • Membuat perbandingan antara data pada tingkat nasional dengan negara-negara lain.
  • Mengkomunikasikan informasi dengan institusi-institusi di dalam negeri maupun di luar negeri.
  • Sebagai dasar penentuan kualifikasi Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP).
  • Sebagai dasar penentuan kualifikasi Tanda Daftar Perusahaan (TDP).
  • Sebagai dasar penentuan kualifikasi perijinan investasi/ penanaman modal

Menentukan Klasifikasi usaha dengan aplikasi KBLI

Anda penasaran usaha anda masuk ke klasifikasi yang mana? BPS sudah membuatkan aplikasi KBLI terbaru. Aplikasi ini diharapkan dapat mempermudah pengguna dalam mendefinisikan kode lapangan usaha dan menemukan deskripsi lapangan usaha secara cepat dan tepat dari setiap katagori.
Ada dua cara pencarian kode KBLI dalam aplikasi ini. Yaitu pencarian secara cepat dan penelusuran per katagori. Sebagai contoh, Aray mempunyai kedai kopi ia ingin tahu usahanya masuk ke klasifiksi apa.
Pencarian cepat
Kita gunakan dulu pencarian cepat. Masukan kata kunci, karena Aray usahanya kedai kopi, kita masukan kata kunci kopi. Akan muncul hasil pencarian seperti gambar berikut,

Pilih hasil pencarian yang sesuai dengan usaha. Di sini ditemukan kedai minuman. Klik kedai minuman maka akan muncul Kode KBLI untuk usaha kedai kopi. 

Jika diklik kedai minuman maka akan muncul deskripsi dari katagori ini.

Pencarian berdasarkan katagori.
Pencarian berdasarkan katagori merupakan fasilitas penelusuran satu-persatu katagori dari katagori utama ke golongan pokok sampa ke klasifikasi usaha yang sesuai dengan usaha yang dijalankan. Kembali ke contoh kasus kita yaitu usaha kedai kopi. Kita klik pencarian berdasarkan katagori, akan muncul tampilan daftar seperti gambar berikut.

Pilih katagori umum dari kedai kopi, yaitu penyediaan akomodasi dan penyediaan makanan dan minuman, akan muncul tampilan golongan utama

Pilih penyedia makanan dan minuman. Pilih terus penyedia minuman sampai muncul daftar jenis usaha penyedia minuman seperti gambar berikut


Kedai kopi masuk ke klasifikasi kedai minuman.
Itu adalah contoh pengunaan aplikasi ini. Anda bisa mencari sendiri usaha anda masuk ke klasifiksi apa. Oh iya, satu badan usaha dapat memiliki lebih dari satu klasifikasi usaha.
Sekian semoga bermanfaat.

Bagikan artikel ini

1 komentar