Rancangan biaya membuat greenhouse sederhana dari Pipa PVC - Juragan Post

Sabtu, 18 Agustus 2018

Rancangan biaya membuat greenhouse sederhana dari Pipa PVC


greenhouse merupakan sebuah bangunan yang berkerangka atau dibentuk menggelembung, diselubungi bahan bening atau tembus cahaya yang dapat meneruskan cahaya secara optimum untuk produksi dan melindungi tanaman dari kondisi iklim yang merugikan bagi pertumbuhan tanaman .
Budidaya tanaman di dalam greenhouse memiliki keunggulan berupa lingkungan mikro yang lebih terkontrol dan keseragaman hasil produksi pada tiap tanaman. Berbeda dengan fungsi greenhouse di daerah iklim subtropis yang digunakan untuk mengendalikan lingkungan mikro, keberadaan greenhouse di daerah tropis lebih cenderung untuk perlindungan tanaman. Greenhouse di daerah tropis digunakan untuk melindungi tanaman dari serangan hama dan menahan air hujan yang jatuh secara langsung ke tanaman sehingga dapat merusak tanaman. Oleh karena itu, rancangan greenhouse di daerah tropis lebih sederhana dibanding di daerah subtropis.

Kelebihan Green House
1. Meningkatkan hasil produksi
Pada luasan areal yang sama tingkat produksi budidaya di dalam green house lebih tinggi dibandingkan di luar green house. Karena budidaya di dalam green house kondisi lingkungan dan pemberian hara dikendalikan sesuai kebutuhan tanaman. Gejala hilangnya hara yang biasa terjadi pada areal terbuka seperti pencucian dan fiksasi, di dalam green house diminimalisir. Budidaya tanaman seperti ini dikenal sebagai hidroponik.
Kondisi areal yang beratap dan lebih tertata menyebabkan pengawasan dapat lebih intensif dilakukan. Bila terjadi gangguan terhadap tanaman baik karena hama, penyakit ataupun gangguan fisiologis, dapat dengan segera diketahui untuk diatasi

2.Meningkatkan kualitas produksi

Ekses radiasi matahari seperti sinar UV, kelebihan temperatur, air hujan, debu, polutan dan residu pestisida akan mempengaruhi penampilan visual, ukuran dan kebersihan hasil produksi.
Dengan kondisi lingkungan yang terlindungi dan pemberian nutrisi akurat dan tepat waktu, maka hasil produksi tanaman akan berkwalitas. Pemasakan berlangsung lebih serentak, sehingga pada saat panen diperoleh hasil yang lebih seragam, baik ukuran maupun bentuk visual produk.

3.Meminimalisasi pestisida

Green house yang baik selain dirancang untuk memberikan kondisi mikroklimat ideal bagi tanaman, juga memberikan perlindungan tanaman terhadap hama dan penyakit. Perlindungan yang umum dilakukan adalah dengan memasang insect screen pada dinding dan bukaan ventilasi di bagian atap. Insect screen yang baik tidak dapat dilewati oleh hama seperti kutu daun.
Pada beberapa green house bagian pintu masuknya tidak berhubungan langsung dengan lingkungan luar. Ada ruang kecil, semacam teras transisi yang dibuat untuk menahan hama atau patogen yang terbawa oleh manusia. Pada lantai ruang ini juga terdapat bak berisi cairan pencuci hama dan patogen. Untuk pintu dapat ditambahkan lembaran PVC sheet.

4.Aset dan performance

Saat ini sangat biasa orang membangun green house dengan sistem knock down. Dengan cara ini gren house bukanlah aset mati, manakala karena suatu hal ada perubahan kebijakan, maka struktur green house tersebut dapat dipindahkan atau mungkin dijual ke pihak lain yang memerlukan dengan harga yang proporsional.
Dengan adanya green house maka kesan usaha akan terlihat lebih modern dan padat teknologi. Hal ini tentunya akan meningkatkan performance petani atau perusahaan yang menggunakannya.

5.Sarana agrowisata dan media pembelajaran

Green house banyak juga digunakan sebagai ruang koleksi berbagai jenis tanaman bernilai tinggi. Di dalam green house pengunjung dapat melihat berbagai jenis tanaman yang menarik, bahkan langka, sehingga dapat menjadi daya tarik. Ada yang khusus mengkoleksi kaktus, anggrek atau berbagai jenis tanaman dengan suasana dibuat seperti di alam bebas. Di Indonesia green house seperti ini banyak ditemukan di berbagai kebun raya dan tempat agrowisata.Disamping itu juga,green house seringkali djadikan sebagai media penelitian atau wahana belajar lapangan dalam menunjang referensi-referensi pelajaran bagi para mahasiswa khususnya para mahasiswa yang terkait dengan dunia pertanian

Rancangan Biaya Rangka Greenhouse PVC sederhana.

Nah kali ini kita akan membahas tentang rancangan biaya membuat greenhouse sederhana dari pipa PVC 1/2 inch. Adapun rangka greenhouse yang kami buat sepanjang 4 meter dengan lebar 3 meter. Sistemnya knockdown, hanya bagian bawah saja yang dilem pipa agar tidak berubah saat pasang tunelnya.

Untuk membuat rangka greenhouse tunel dengan dimensi di atas, dibutuhkan bahan-bahan sebagai berikut:

1. Pipa 1 meter sebanyak 32 buah
2. Pipa 2 meter sebanyak 10 buah, digunakan untuk tunel atas
3. Sambungan sock sebanyak 6 buah
4. Sambungan Knee elbow sebanyak 6 buah
5. Sambungan Tee sebanyak 26 buah
6. Pasak galvanis sebanyak 10 buah, gunakan agar rangka bawah tidak berubah saat pemasangan tunel
7. Lem pipa  


Adapun rincian biaya per item adalah sebagai berikut:


No
Item
Kuantiti
Harga Satuan
Harga Total
1
Pipa PVC 1/2 Inch
15
13.000
195.000
2
Sambungan sock
6
1.500
9.000
3
Knee Elbow
6
2.000
12.000
4
Sambungan Tee
26
2.500
65.000
5
Pasak galvanis
10
3.000
30.000
6
Lem pipa
1
8.000
8.000
Total
319.000

Bagikan artikel ini

6 komentar

  1. Mau tanya Pak, kalo atapnya pakai plastik UV yang ukuran lebarnya 3M atau 6M ya? Terima kasih

    BalasHapus
  2. Itu tingginya dari tanah hingga lengkungan atas itu berapa ya Pak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apa bedanya antara plasylik UV dan palastik biasa? Apa fungsi dari plastik UV? Apakah ada ukuran baku dari greenhouse, misalnya perbandingan lebar/tingixpanjang?
      Atas perhatian kami ucapkan Terima kasih.

      Hapus
  3. Kalau membuat greenhouse ukuran 6x30m berapa biaya yang di butuhkan

    BalasHapus
  4. Kenapa ngga bntuk kotak aja pa

    BalasHapus