Pentingnya Kadar air dalam pakan ternak - Juragan Post

Jumat, 05 Oktober 2018

Pentingnya Kadar air dalam pakan ternak

Halo apa kabar semuanya? Kali ini kita akan membahas tentang kadar air. Kadar air dari suatu bahan pakan merupakan salah satu indikator kualitas dari suatu bahan pakan.

Untuk mengetahui kadar air dari suatu bahan pakan kita memerlukan alat bantu. Di video ini kita menggunakan Digital Grain Moisture Meter. Pengoperasial alat ini cukup mudah. Tinggal hidupkan alat dan tusukan pada bahan baku pakan yang ingin kita, maka hasilnya akan keluar di panel layar.


Kadar air suatu bahan pakan akan sangat menentukan dalam hal teknipenyimpanan, penanganan dan pengolahan menjadi pakan.  Bahan pakan yang mengandung kadar air yang lebih tinggi umumnya akan lebih rentan terkena kontaminasi mikroorganisme seperti jamur yang dapat menurunkan daya guna dari suatu bahan pakan tersebut. Penyimpanan bahan baku pakan menghendaki kadar air yang rendah dengan kisaran 12-15 %. Hal ini bertujuan untuk menghindarkan paparan mikroorganisme yang dapat mengkontaminasi bahan pakan yang selanjutnya dapat merugikan industri peternakan yang memakai pakan tersebut.

Maka pastikan bahan pakan yang kamu simpan, kadar airnya tidak lebih dari 15% yah kawan!

Jika kamu tidak punya alat tersebut, namun ingin tahu kandungan kadar air dari beberapa bahan pakan ternak. Kamu dapat kunjungi situs nusfeed.id, di sana disediakan informasi kandungan nutrisi dan kadar air dari pakan yang mereka jual.
Contoh kandungan kadar air berbagai jenis pakan ternak via Nusfeed.id


Sekian pembahasan kali ini, semoga bermanfaat dan sampai jumpa.


Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda