Membuat Formulir Order Online dengan Google Form - Juragan Post

Jumat, 16 November 2018

Membuat Formulir Order Online dengan Google Form

Anda berjualan online, ingin mmebuat formulir order online yang memudahkan transaksi dari konsumen, namun anda awam dan tak bisa coding? Berbahagialah, Google lewat google forms sudah tersedia untuk kebutuhan tersebut. Google Form atau yang disebut google formulir adalah alat yang berguna untuk membantu anda merencanakan acara, mengirim survei, memberikan siswa atau orang lain kuis, atau mengumpulkan informasi yang mudah dengan cara yang efisin. Form juga dapat dihubungkan ke spreadsheet. Jika spreadsheet terkait dengan bentuk, tanggaanpan otomatis akan dikirimkan ke spreadsheet. Jika tidak, pengguna dapat melihat mereka di “Ringkasan Tanggapan” halaman dapat diakses dari menu Tanggapan.

Lantas apa saja yang bisa dibuat menggunakan google form ini? Buanyak. Namun untuk bisnis setidaknya beberapa hal berikut ini dapat anda lakukan menggunakan google form:

1. Membuat formulir registrasi/pendaftaran online. Misalkan  anda ingin formulir pendaftaran konsumen baru.
2. Membuat formulir order online. Biar tambah kece dan paperless
3. Membuat formulir kontak. Jadi mudah deh buat kamu dan bisnis kamu dihubungi oleh calon konsumen.
4. Penilaian karyawan. Survey kepuasan karyawan
5. Survey kepuasan pelanggan. Ingin tahu soal kepuasan pelanggan juga bisa. Pernah belanja online kan, llau ada permintaan survei pelanggan. Nah formulirnya bisa dibuat di google form juga loh.
6. Formulir lamaran kerja. Jadi kalo butuh karyawan baru, formulir dari pendaftar bisa dikumpulin lewat google form.
7.  Event feedback. Jadi kalo kamu habis mengadai kegiatan, misalnya kamu EO, dan ingin tahu reaksi dan kesan dari peserta yang hadir ke acara kamu, kamu bisa minta pendapat mereka juga lewat formulir google form.
8. Work Request. Misalnya kamu buka jasa service, kamu bisa membuat formulit pekerjaan dengan memasukan kerusakan apa saja yang dialami oleh pelanggan agar kamu perbaiki.
9. Dan sebagainya jika pekerjaan itu membutuhkan formulir.

Semua contoh forlmir di atas sudah ada tampletnya. jadi anda tinggal menggunakan contoh tamplenya dan mengubah pertanyaan sesuai dengan yang anda butuhkan atau anda inginkan. Mudah bukan.

Membuat Formulir Order via Google Form

Oke untuk contoh kali ini kita akan membuat formulir order online. Saya akan memberikan tutorialnya dalam bentuk video. Silahkan simat video berikut ini.


Untuk pernyebaran formulir ini bisa dengan mengirimkan link URL formulir, email, maupun di pasang di website. Nah untuk cara pemasangan formulir agar bisa tampil di website, silahkan lihat video berikut:
 


Catatan! Untuk penambatan formulir google form di website akan tampil semupurna jika tidak ada permintaan upload dokumen. Namun jika ada permintaan upload dokumen, misalnya foto ktp, maka fomulir yang kita tambatkan hanya akan tampil seperti contoh di bawah ini.



Pengisiannya tetap bisa dilakukan. Tapi pengunjung situs akan di bawa ke halaman google form untuk pengisiannya.

Oke selamat belajar. Semoga bermanfaat.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda