Bakat minat dan sikap - Juragan Post

Rabu, 20 Februari 2019

Bakat minat dan sikap




Dr. H. Yul Iskandar, psikiater, Ph.D dalam bukunya Test Bakat, Minat, Sikap & personaliti MMPI-DG jelaskan apa yang dimaksud dengan bakat minat dan sikap.

  • Bakat adalah suatu karakteristik unik individu yang membuatnya mampu (atau tidak mampu) melakukan suatu aktivitas dan tugasnya secara mudah (atau sulit) dan sukses (atau tidak pernah sukses). Bakat ditentukan oleh banyak faktor di antaranya adalah faktor genetik atau keturunan, pendidikan dan Pelatihan. Orang akan ketahuan bakat yang sebenarnya setelah Mereka dididik dan dilatih. Orang yang berbakat setelah dididik dan dilatih akan cepat mengurusi masalah yang dilatih, sedangkan yang tidak berbakat mereka akan ketinggalan.


Bakat meliputi;

Investigator
Examinator
Bakat positif
Bakat negatif
Rasional
Adaptif
Bersalah
Goof-of
Membosankan
Kontrol diri
Pemalu
Charming
Introspeksi
Pemalas

  • Minat dimaksudkan sebagai usaha dan kemauan untuk mempelajari dan mencari sesuatu, misalnya pada minat seniman, bakat atau tidak pada seni, tetapi telah ada usaha aktif untuk mempelajari seni.

Minat meliputi;

Seniman
Pemusik
Masalah lingkungan
Achiever
Dermawan
Petualang
Sosialisme
Liberalisme
Reaksioner
Psikologi
Komputer
Minat industri

  • Sikap dimaksudkan adalah suatu trait (sifat) yang saling aktif mempelajarinya, tetapi telah ditambah dengan perubahan perilaku yang sesuai dengan  sikapnya. Biasanya sikap memerlukan bakat, minat dan aktif mengubah tingkah laku sehari-hari.

Sikap pada umumnya merupakan hasil dari learning (pembelajaran) dan praktek juga hasil dari perpaduan berbagai trait (sifat) dan ability (kemampuan).

Sikap meliputi;

Believer
Humoris
Standar ganda
Sosial agresi
Otoriter
Puritan
Kuno
egosentris
Permisif
realisme
Religius
Pasifisme
Banci


Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda