Ceklist Rencana Finansial - Juragan Post

Rabu, 20 Februari 2019

Ceklist Rencana Finansial

Banyak Sekali orang Indonesia yang memiliki perencanaan keuangan yang matang. Ketidakcermatan dalam pengelolaan keuangan kelurga bisa berakibat buruk bagi masa depan keluarga. Kali ini kami ingin berbagi tentang ceklist perencanaan keuangan keluarga yang dapat anda jadikan acuan, semoga bermanfaat.

Mengurangi Hutang
☐ Mulailah melacak lebih awal penghasilan Anda, membuat anggaran, dan menentukan jumlah untuk penghasilan sekali pakai Anda untuk menghindari utang yang berlebihan.
☐ Jangkau kreditor Anda untuk menegosiasikan suku bunga dan ketentuan terbaik untuk pembayaran utang Anda.
☐ Untuk menghilangkan hutang, mulailah melunasi kartu kredit tingkat bunga tertinggi Anda, kemudian terapkan pembayaran kartu itu ke pembayaran dengan kartu tertinggi berikutnya, dan seterusnya. Seiring waktu, Anda akan menerapkan pembayaran besar setiap bulan untuk utang Anda, akhirnya melunasi semua kartu kredit Anda.
☐ Setelah kartu kredit Anda dilunasi, jangan tutup kartu kredit karena hal ini dapat mempengaruhi skor kredit Anda secara negatif. Sebagai gantinya, bayar rekening kemudian gunakan masing-masing kartu sebulan sekali atau dua, lunasi saldo segera sesudahnya.
☐ Buat kartu kredit tidak mudah diakses dengan menyimpannya di brankas atau dengan anggota keluarga yang tepercaya sehingga tidak dapat digunakan untuk pembelian impulsif.
☐ Setelah Anda melunasi utang konsumen Anda, mulailah menerapkan uang yang sebelumnya Anda bayarkan untuk membayar utang itu sebagai pembayaran pokok hipotek Anda setiap bulan. Ini akan memungkinkan Anda untuk membangun ekuitas dan membayar hipotek Anda lebih cepat, menghemat ribuan bunga selama masa hipotek Anda.

Perencanaan Dana Pensiun
☐ Bekerja dengan perencana keuangan berbasis biaya dan mulai menyusun strategi tujuan keuangan jangka panjang Anda di awal karir Anda untuk memastikan bahwa Anda tetap di jalurnya.
☐ Perencanaan pajak dan perencanaan pensiun berjalan seiring. Jelajahi dengan CPA atau konsultan pajak Anda bagaimana Anda dapat melindungi sebagian penghasilan Anda melalui kendaraan pensiun yang membantu Anda menghemat pajak penghasilan jangka pendek dan jangka panjang untuk pensiun.
☐ Jika tempat usaha Anda menawarkan pencocokan untuk program pensiun, pastikan Anda memaksimalkan kontribusi Anda untuk mengambil keuntungan penuh dari sumber pendanaan ini.
☐ Jika Anda sering berganti perusahaan, pastikan Anda menggulingkan dana pensiun Anda dengan benar ke dalam akun terpusat untuk menghindari kehilangan jejak banyak akun kecil.
☐ Pertimbangkan jenis gaya hidup yang ingin Anda jalani dalam masa pensiun dan rencanakan untuk itu. Jika penghasilan pensiun Anda akan jauh lebih sedikit daripada penghasilan kerja Anda, trade-off apa yang akan Anda lakukan untuk memastikan bahwa Anda akan memiliki anggaran yang bisa diterapkan? Jika Anda perlu merampingkan rumah Anda atau membatasi aktivitas Anda secara signifikan, pastikan Anda siap untuk perubahan itu.

Rencana Darurat
☐ Buat neraca dan catatan semua akun, kata sandi, tabungan pensiun, polis asuransi jiwa, dan informasi keuangan lainnya dan tinjau bersama pasangan, anak, atau pelaksana Anda secara teratur.
☐ Buat surat wasiat dan pastikan bahwa Anda memperbaruinya secara teratur untuk memastikannya terus mencerminkan keinginan Anda.
☐ Jika Anda ingin mengendalikan distribusi aset Anda pada saat Anda meninggal, pertimbangkan kepercayaan yang akan mengendalikan waktu dan cara di mana aset didistribusikan kepada penerima manfaat Anda.

Tujun Finansial Lainnya
☐ Mulailah rencana tabungan untuk pendidikan anak-anak Anda. Sekalipun saat ini Anda tidak memiliki anak, manfaatkan kekuatan bunga majemuk dengan memulai rencana tabungan sebelum anak-anak dilahirkan.
☐ Jika Anda perlu melunasi hutang atau mencoba menambah dana darurat atau dana pensiun Anda, pertimbangkan perubahan gaya hidup dan lingkungan Anda saat ini yang mungkin membantu mendanai tujuan-tujuan ini.
• Jika Anda memiliki lemari penuh dengan pakaian, tas, dan sepatu bermerek, jual barang-barang tersebut dan taruh dana itu untuk tujuan jangka panjang Anda.
• Jika Anda bekerja terlalu keras dengan tinggal di rumah yang terlalu besar atau di daerah yang sangat mahal, pertimbangkan bagaimana suatu langkah dapat meningkatkan gambaran keuangan jangka pendek dan jangka panjang Anda.
☐ Jika Anda hidup bebas dari hutang, telah merencanakan dengan baik untuk keadaan darurat, dan memiliki pegangan yang kuat pada perencanaan pensiun, Anda mungkin memiliki tujuan keuangan lainnya dalam pikiran. Apakah Anda ingin memulai bisnis? Keliling dunia? Kembali ke sekolah? Beristirahat setahun untuk melukis atau menulis buku? Pertimbangkan cara perencanaan keuangan yang cerdas dapat membantu Anda mencapai salah satu atau semua ini.

Bagikan artikel ini

1 komentar

  1. Terima kasih infonya. Oiya, kalo temen-temen mau punya keluarga yang sukses secara finansial, temen-temen bisa lihat rahasianya di sini: Langkah cerdas finansial keluarga

    BalasHapus