The 7 Islamic Daily Habits: Hidup Islami Berbasis Al-Fatihah - Juragan Post

Senin, 06 Mei 2019

The 7 Islamic Daily Habits: Hidup Islami Berbasis Al-Fatihah


Ajaran Islam tidak sekedar bekal buat akhirat, tetapi di dalamnya terdapat kunci pengantar sukses. Pemahaman berislam seperti inilah yang mengantarkan penganutnya menjadi imam peradaban dunia selama berabad-abad. Sebaliknya, di saat agama diyakini Hanya Untuk bekal akhirat maka jadilah umat seperti sekarang ini.

Buku The 7 Islamic Daily Habits mengajak pembaca untuk menapaki tangga kesuksesan hidup berdasarkan semangat al Fatihah. Penulis buku ini tidak rela apabila al-fatihah hanya dihadiahkan buat orang yang sudah meninggal dunia, kandungannya lebih khusus ditunjukkan kepada orang yang masih hidup agar kehidupannya lebih bermakna.


Penulis buku ini lihat bahwa di dalam al-fatihah ada kandungan pesan yang kuat untuk mengobati kondisi masyarakat yang sedang terpuruk. Pesan tersebut dijadikan penulis sebagai model dalam istilah singkat B5KB (Bismillah, Bersyukur, Berpikir positif, Berorientasi akhirat, Beribadah dan berdoa, Konsisten dalam komitmen, dan Bercermin).

The Seven islamic daily Habits yang dituangkan dalam rumusan B5KB ini, menarik tujuh prinsip dasar manusia hidup dan bekerja. tujuh prinsip ini sekaligus menggabungkan tiga kecerdasan dasar manusia yaitu spiritual, intelektual, dan emosional. Ketujuh prinsip itu adalah sebagai berikut:
  • Pertama. Bismillah dalam memulai setiap pekerjaan.
  • Kedua. Bersyukur atas segala nikmat yang diterima.
  • Ketiga. Berpikir positif terhadap Allah dan berkasih sayang terhadap sesama.
  • Keempat. Prestasi akhirat, prinsip ini membuat kita sekali Mendayung dua tiga Pulau terlampaui, artinya energi yang kita keluarkan untuk dunia sekaligus bernilai akhirat.
  • Kelima. Beribadah dan berdoa. Allah berjanji akan mengabulkan harapan kita kalau kita mendahulukan ibadah, ketundukan dan loyalitas kepada-Nya. Mempraktekkan prinsip ini akan membuat kita semakin optimis karena Allah tidak pernah mengingkari janji-Nya.
  • Keenam. Konsisten dalam komitmen. Sesuai dengan karakter hati yang gampang bolak-balik, maka banyak orang yang tidak mampu bertahan dalam prinsipnya. Menjaga konsistensi diri dalam komitmen kebaikan adalah pekerjaan sulit yang membuahkan hasil spektakuler.
  • Ketujuh. Bercermin. Orang yang tidak mau bercermin atau belajar dengan sekitarnya ibarat orang yang berjalan dengan menutup mata, dengan dirinya dan tidak pernah tahu dengan dunia luar . Padahal Lingkungan sekitarnya adalah kita berharga yang banyak mengandung pelajaran
---
Koleksi Pustakaloka NUS
Call number: 297.5 Hef T
Harjani Hefni, 2008. The 7 Islamic Daily Habits: Hidup Islami Berbasis Al-Fatihah. Jakarta: Pustaka Ikadi.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda