Respon menghadapi penolakan Konsumen - Juragan Post

Selasa, 20 Agustus 2019

Respon menghadapi penolakan Konsumen



Ketika menghadapi penolakan, anda dapat menggunakan langkah-langkah sebagai berikut:

Menerima hak pelanggan untuk menolak

Dengarkan apa yang disampaikan oleh prospek tanpa pernah menyerah pembicaraannya, biarkan mereka menyampaikan segala alasan dalam penolakan, ketika prospek menyampaikan alasan penolakannya, Sesungguhnya mereka menyampaikan kebutuhan dan keinginannya.

Benarkan segala alasan prospek dan hak mereka untuk menolak. Jika anda tidak melakukan hal ini, prospek mungkin akan sakit hati dan percakapan itu akan berubah menjadi sebuah konflik.

Nilai situasi dengan mendengarkan dan mengakui prospek. Ini bisa dilakukan dengan bertanya untuk menggali lebih dalam tentang detail pernyataan prospek. Anda dikatakan menyelesaikan tahap ini Ketika anda bisa berempati secara penuh terhadap penolakan prospek.

Berikan tanggapan hanya ketika anda telah benar-benar paham tentang penolakan tersebut, baru anda dapat mulai menanggapi. Selalu berhati-hati dan pastikan tanggapan Anda sesuai dengan penolakan yang anda terima. Ketika memberikan tanggapan Anda bisa juga memberikan alternatif solusi terhadap penolakan prospek.

Konfirmasikan dan tanyakan pada prospek, apakah mereka telah memahami tanggapan Anda dan Apakah jawaban anda mengatasi masalah mereka? Lihat apakah anda telah cukup mendengarkan dari semula. Periksalah Apakah anda telah menilai situasi mereka dengan benar. Bahwa tanggapan Anda tepat untuk permasalahan mereka.


Sumber: 
Mayer Silaban. 2009. Breaking The Rejection. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda