Buku Inovasi dan kewirausahaan sosial - Juragan Post

Senin, 02 September 2019

Buku Inovasi dan kewirausahaan sosial


Tidak semua Orang beruntung terlahir menjadi orang kaya. Perekonomian berkembang dengan pesat, tetapi Indonesia masih memiliki tingkat pengangguran dan tingkat kemiskinan yang tinggi. Diperlukan Inovasi dan kewirausahaan sosial untuk menyelesaikan masalah ini. Dengan Inovasi sosial, tercipta inovasi-inovasi yang diharapkan mampu menyelesaikan masalah-masalah yang terjadi di masyarakat. Dengan kewirausahaan sosial, tercipta lapangan kerja baru yang dapat menyerap Tenaga Kerja dan mengurangi pengangguran.


Saat ini produk Inovasi dan kewirausahaan sosial berkembang dengan cepat, terutama setelah Muhammad Yunus dengan grameen Bank nya mampu memenangkan Nobel Perdamaian. Kemenangan Muhammad Yunus membuat dunia sadar bahwa diperlukan usaha yang tidak biasa untuk mengangkat derajat penculik yang berada di bottom of the pyramid. Buku Inovasi dan kewirausahaan sosial ini diharapkan memberikan panduan bagi mereka yang ingin tahu tentang inovasi sosial dan kewirausahaan sosial.

Buku ini membahas tentang konsep-konsep dasar inovasi sosial dan kewirausahaan sosial aplikasinya di lapangan. Buku ini juga membahas keterkaitan inovasi sosial dan kewirausahaan sosial. Setiap bagian buku ini dilengkapi dengan contoh-contoh inovasi dan kewirausahaan sosial baik di dunia, taman bank Muhammad Yunus ataupun di Indonesia seperti pembangkit listrik tenaga mikrohidro karya Tri mumpuni.

Buku ini dibagi menjadi 3 bagian. Utama mempelajari tentang inovasi sosial, isi tentang apa konsep-konsep dasar inovasi sosial, bagaimana proses inovasi sosial serta keterkaitan inovasi sosial dengan kewirausahaan sosial. Bagian kedua mempelajari tentang kewirausahaan sosial, berisi tentang apa, siapa dan bagaimana kewirausahaan sosial : Keuntungan menjadi penguasa sosial serta ide dan peluang kewirausahaan sosial di Indonesia. Bagian ketika mempelajari isu-isu spesifik seputar Inovasi dan kewirausahaan sosial, di antaranya kewirausahaan masyarakat, peran pengusaha muda dalam inovasi sosial, peran pengusaha wanita dalam inovasi sosial, dan pelayanan publik, corporate social responsibility dan inovasi serta e-commerce dan inovasi sosial.

Buku ini diharapkan bisa memberikan inspirasi bagi pembaca, bagi akademisi maupun praktisi di bidang Inovasi dan kewirausahaan sosial. Buku ini cocok bagi akademisi yang ingin mempelajari dan mengetahui konsep Inovasi dan kewirausahaan sosial. Buku ini juga cocok bagi praktisi yang ingin melakukan dan mengembangkan Inovasi dan kewirausahaan sosial.

---
Koleksi Pustakaloka Nus
Call number: 338.04 Dhe i
Wawan Dhewanto, dkk. 2013. Inovasi dan Kewirausahaan Sosial. Bandung: Alfabeta

Bagikan artikel ini

1 komentar

  1. Apakah ada penjelasan bab 5 tentang
    Ide dan Peluang wirausahaan Sosial di Indonesia

    BalasHapus