10 prinsip yang mendasari penciptaan bisnis berskala kecil paling sukses di dunia - Juragan Post

Rabu, 20 November 2019

10 prinsip yang mendasari penciptaan bisnis berskala kecil paling sukses di dunia

Tidak mengapa jika kita memulai bisnis dari yang terkecil dulu. Tidak usah gengsi atau ragu untuk menjalankannya. Karena banyak bisnis besar justru bermula dari bisnis kecil bahkan dimulai dari garasi rumah. Semua bisnis kecil berpeluang untuk mencapai sukses.

Michael E Gerber adalah penulis dari 13 buku bisnis termasuk buku yang kategori Mega best seller yaitu E-Myth Revisited. Beliau mengatakan bahwa ada 10 prinsip yang mendasari penciptaan bisnis berskala kecil paling sukses di dunia. Dalam bukunya yang berjudul The Most Successful Small Business in the world: Bisnis Kecil Paling Sukses di Dunia, ke 10 prinsip tersebut adalah sebagai berikut:


  • Prinsip pertama: Berskala kecil yang dibangun secara benar bisa tumbuh 10.000 kali dari ukuran nya saat ini.
  • Prinsip kedua: Bisnis berskala kecil tidak lebih efektif daripada gagasan untuk membangunnya.
  • Prinsip ketiga: Sebuah bisnis berskala kecil adalah sebuah sistem dimana seluruh bagiannya memberikan kontribusi terhadap kesuksesan atau kegagalan semuanya.
  • Prinsip keempat: Sebuah bisnis berskala kecil harus mampu bertahan melalui semua kondisi perekonomian, di segala pasar, yang memberikan hasil-hasil yang berarti dan sangat berbeda bagi semua pelanggannya.
  • Prinsip kelima: Sebuah bisnis berskala kecil adalah sebuah sekolah dimana karyawan-karyawannya bertindak sebagai para pelajarnya, yang memiliki tujuan, keinginan, dan tekad untuk bertumbuh.
  • Prinsip keenam: Sebuah bisnis berskala kecil harus menunjukkan tujuan yang lebih tinggi di mana dia ditanami, menunjukkan visi yang harus diteladani, dan menunjukkan misi yang wajib dipenuhi.
  • Prinsip ketujuh: Skala kecil merupakan buah dari sebuah tujuan yang lebih tinggi dalam benak orang yang membentuknya
  • Prinsip kedelapan: Sebuah bisnis berskala kecil memiliki kehidupannya sendiri, dengan pengabdian kepada Tuhan Yang Maha Esa, yang dalam-Nya bisnis itu menemukan alasannya.
  • Prinsip kesembilan: Sebuah bisnis berskala kecil adalah sebuah entitas ekonomi, yang memicu realitas ekonomi, menciptakan suatu kepastian ekonomi bagi masyarakat yang diperjuangkannya.
  • Prinsip kesepuluh: Sebuah bisnis berskala kecil menciptakan sebuah patokan yang dengannya semua bisnis berskala kecil kesuksesan atau kegagalan, untuk meningkatkan kemungkinan nya bagi seluruh bisnis kecil agar berkembang melampaui patokan-patokan yang pada awalnya muncul, entah dinyatakan atau tidak.

Selamat memulai bisnis anda dari hal yang terkecil dulu. Ingat bisnis yang bagus adalah bisnis yang dijalankan bukan sekedar diangankan.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda