5 Tips Menabung Bagi Keluarga Agar Jadi Kaya di Masa Depan - Juragan Post

Selasa, 17 Maret 2020

5 Tips Menabung Bagi Keluarga Agar Jadi Kaya di Masa Depan



Mungkin Anda termasuk yang masih percaya dengan pepatah lama, seperti “hemat pangkal kaya” dan “menabung agar beruntung dan tidak buntung”. Percaya atau tidak, dua pepatah tersebut masih benar sampai sekarang.

Bagi Anda yang sudah berkeluarga, ingin tips menabung agar jadi keluarga kaya di masa depan? Pastikanlah bahwa yang Anda lakukan tidak sekadar menyimpan uang dalam tabungan di bank, namun lebih dari itu. Karena jika yang Anda andalkan hanya itu saja, keluarga Anda hanya akan mentok pada strategi ‘bertahan hidup secara finansial’. Tidak mau ‘kan, hal yang sama terus berulang setiap bulan?

Jadi, apa sajakah tips menabung untuk jadi keluarga kaya di masa depan? Beberapa cara di bawah ini dapat Anda coba:

1. Berinvestasi di Pasar Modal

Salah satu tips menabung untuk jadi keluarga kaya di masa depan adalah dengan berinvestasi di pasar modal. Terdengar rumit? Tidak juga, selama Anda tahu caranya dan mau terus belajar. Beberapa jenis investasi yang dapat Anda coba adalah valuta asing, saham, investasi emas, deposito, atau reksa dana. Yang terakhir ini dapat Anda coba bila merasa penghasilan Anda belum cukup besar untuk mencoba pilihan lainnya.

2. Gunakan Uang Simpanan untuk Beli Aset yang Nilai Jualnya Bisa Lebih Tinggi Daripada Saat Dibeli

Bila penghasilan Anda sudah lebih dari cukup, saatnya Anda menggunakan uang simpanan untuk membeli aset yang nilai jualnya bisa lebih tinggi daripada saat dibeli. Misalnya, tanah atau bangunan (rumah). Terutama di daerah perkotaan, nilai tanah dan properti selalu meningkat setiap tahun.

Kalau Anda tidak ingin menempati rumah tersebut, Anda bisa menyewakannya kepada orang lain atau membuka bisnis penginapan atau kos. Anda juga dapat membeli batangan emas yang dapat Anda jual ketika harganya naik nanti.

3.Diversifikasi Investasi dalam Beberapa Pos Berbeda

Sekilas, tips menabung untuk jadi keluarga kaya di masa depan ini mengingatkan Anda pada pepatah “jangan kumpulkan semua telurmu di dalam satu keranjang”. Daripada berisiko kehilangan semua uang Anda, jangan simpan di satu tempat yang sama. Mungkin ada yang tetap Anda tabung, sementara sisanya bisa Anda gunakan untuk investasi atau biaya asuransi. Anggap saja yang Anda lakukan adalah mempersiapkan dana cadangan untuk kondisi darurat.

4. Jangan Menunggu Tua Baru Berinvestasi

Kapankah sebaiknya memulai investasi? Sekarang. Bahkan, kalau bisa dari kemarin. Jangan menunggu tua dulu baru berinvestasi, karena sedini mungkin jauh lebih baik. Sayangi diri sendiri dan keluarga sebelum terlambat.

5.Gaya Hidup Hemat, tapi Jangan Sampai Menyiksa Diri

Ini salah satu tips menabung untuk jadi kaya di masa depan yang masih berlaku, meski tidak berarti Anda harus pelit dengan diri sendiri dan keluarga. Menghemat mati-matian setiap hari dengan membeli dan makan makanan instan yang memang murah tapi tidak bergizi amat tidak disarankan. Bukannya tambah kaya, Anda bisa jatuh sakit dan malah harus membayar mahal biaya ke dokter dan obat-obatan.

Menabung dapat menjadi mudah dengan mencoba beberapa tips di atas. Ingat, kuncinya hanyal satu kata, yaitu sabar.

Bagikan artikel ini

1 komentar