Martha & Ratna Dua: Perempuan di Balik Sukses Martha Tilaar Group - Juragan Post

Senin, 07 September 2020

Martha & Ratna Dua: Perempuan di Balik Sukses Martha Tilaar Group

Buku ini merupakan gambaran pergulatan kepemimpinan dua perempuan kakak-beradik dalam melahirkan dan membesarkan perusahaan yang telah menjadi baby mereka yaitu Martha Tilaar Group (MTG). Sebagai sosok perempuan, kepemimpinan mereka pekat diwarnai kearifan, intuisi, spiritualitas, dan cinta yang tulus-ikhlas. Dengan spirit keibuan, mereka bahu-membahu membangun kepemimpinan Ying-Yang dengan lima prinsip dasar: Trust, Complementary, Empowerment, Love, Harmony.



Buku ini terdiri dari 10 bab yang membahas berbagai aspek kepemimpinan yang saling melengkapi dan mengisi dari 2 sosok pemimpin wanita ini yaitu Martha dan Ratna.


Bab 1 kisah Dua wanita perkasa, membahas perjalanan hidup dua kakak beradik dari kanak-kanak hingga dewasa termasuk saat takdir mengharuskan mereka membesarkan Martha Tilaar Group (MTG).


Bab 2 Visi ditopang eksekusi. mengupas bahu-membahu saling berbagi peran strategis dalam membesarkan MTG. Bab ini membahas Bagaimana peran kedua pemimpin ini disinergikan dan diharmoniskan sehingga tercipta kinerja yang Solid dan berkelanjutan.


Bab 3 pemimpin empatik berbalut cinta, 2 Srikandi Marta dan Ratna yang memiliki kesamaan dalam membangun relationship dengan karyawannya, konsumen, dan partner bisnis, yaitu dengan menggunakan kekuatan dan sentuhan cinta. Bab ini membahas Bagaimana kedua pemimpin wanita ini menggunakan kekuatan yang penting untuk menciptakan emotional connection.


Bab 4 berkarya dengan passion, mengupas peran fashion dalam membangun kerajaan bisnis. Bagi mereka membesarkan MTG sudah menjadi sebuah panggilan hidup. Tak heran jika mereka bekerja dengan passion yang luar biasa.


Bab 5 wanita perkasa penuh kearifan dan intuisi, membahas ketajaman intuisi, insting dan kearifan yang menjadi ciri kepemimpinan mereka. Martha memiliki ketajaman insting dalam menangkap sinyal-sinyal perubahan pasar dan meramu strategi untuk menghadapinya. Sementara Ratna memiliki kejelian dalam mengelola resiko dalam setiap eksekusi strategi yang dijalankan dan melakukan alokasi sumber daya keuangan secara cermat.


Bab 6 menjadi panutan, pemimpin dengan suri tauladan, memaparkan cara 2 sosok ini memimpin yaitu dengan menempatkan diri mereka sebagai panutan bagi anak buah. Model kepemimpinan walk the talk menjadikan mereka dihormati dan dicintai oleh seluruh anak buah.


Bab 7 memimpin dengan spritualitas, menemukan makna hidup, mengupas aspek spritualitas dari kepemimpinan 2 perempuan ini. Mereka berkeyakinan mengelola bisnis harus dilandasi dengan hati nurani. Karena itu mereka cangkokkan spritualitas dalam setiap denyut perjalanan bisnis MTG selama 40 tahun terakhir.


Bab 8 Keluarga sebagai berkat dalam bisnis dan kehidupan, membahas pentingnya keluarga dan prinsip-prinsip kekeluargaan dalam kepemimpinan Martha dan Ratna. Bagi Ratna keluarga adalah segala-galanya. Prinsip bahwa family is the most important mewarnai pola kepemimpinan yang ia terapkan dalam membesarkan MTG.


Bab 9 melahirkan penerus dengan harmoni, secara mendalam membahas proses regenerasi di MTG. Sejak awal Marta dan Ratna menyiapkan penerus-penerusnya untuk mengambil alih tongkat estafet kepemimpinan MTG.


Keseluruhan bab-bab di atas kemudian ditutup dengan bab penutup.


---

Data koleksi pustakaloka Nus 

Call Number: 158.4 Pra m

Samuel Pranata,  dkk. 2014. Martha & Ratna Dua: Perempuan di Balik Sukses Martha Tilaar Group. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda