3 Manfaat bawang putih bagi kesehatan - Juragan Post

Kamis, 12 November 2020

3 Manfaat bawang putih bagi kesehatan

Bawang putih, tanaman dengan nama ilmiah Allium sativum ini merupakan tanaman bumbu yang populer. Tanaman bawang putih mempunyai sejarah penggunaan oleh manusia selama lebih dari 7.000 tahun, tua banget yah. Tapi tanaman ini juga kurang disukai sebagian orang karena baunya yang menyengat, vampir aja takut sama baunya bawang putih ini. 



By the way, bawang putih digunakan sebagai bumbu yang digunakan hampir di setiap makanan dan masakan Indonesia loh. Biasanya sebelum dipakai sebagai bumbu, bawang putih dihancurkan dengan ditekan dengan sisi pisau (dikeprek) sebelum dirajang halus dan ditumis di penggorengan dengan sedikit minyak goreng. Bawang putih bisa juga dihaluskan dengan berbagai jenis bahan bumbu yang lain.

Selain sebagai bumbu makanan, bawang putih juga memiliki berbagai manfaat dan khasiat bagi kesehatan tubuh manusia loh. Oke kita cek tiga manfaat bawang putih bagi kesehatan:

  1. Bawang putih kaya dengan khasiat kesehatan, karena mengandung asam amino tertentu yang disebut allicin dan senyawa yang lebih terkenal seperti selenium, zinc, potasium, dan fosfor. Bawang putih sejak lama terkenal bukan hanya sebagai pencegah kanker, tapi juga dijagokan sana senyawa antiviral dan anti-inflamasi nya.
  2. Menurut riset dari weizmann Institute of science, Bawang putih meningkatkan sensitifitas otak terhadap leptin, hormon pengatur nafsu makan. Jadi jangan lupa mengkonsumsi bawang putih baik sebagai penambah rasa di menu utama, salad atau dikonsumsi mentah bersama sandwich. 
  3. Bawang putih juga  berfungsi meningkatkan Aktivitas enzim yang membantu proses pengeluaran racun dari dalam tubuh. Dengan begitu proses pengolahan racun akan lebih cepat. Berusahalah makan 2-5 siung bawang putih Setiap minggu. Idealnya, bawang putih bisa dikonsumsi setiap hari.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda