7 Kaidah Utama Fikih Muamalat - DR. Yusuf Al-Qaradhawi - Juragan Post

Kamis, 12 November 2020

7 Kaidah Utama Fikih Muamalat - DR. Yusuf Al-Qaradhawi

Kaidah-kaidah fikih (qawa`id fiqhiyyah) adalah kaidah-kaidah hukum yang disusun oleh para ahli fikih, sebagai pedoman untuk mempermudah dan membantu memahami permasalahan fikih di dalam menentukan hukum dari suatu perkara dan kejadian.



Kaidah-kaidah ini sangat banyak dan bercabang-cabang. Dari sini, seorang pengkaji hukum Islam atau faqih tidak dapat memahami segala sisi kajian hukum Islam kecuali jika ia mempelajari qawa`id fiqhiyyah. Semakin tinggi tingkat penguasaan seorang faqih akan kaidah-kaidah ini, maka tingkat prestisenya akan semakin naik dan rangkingnya pun akan semakin meningkat, dan terbukalah jalan di hadapannya menuju prosedur fatwa. Oleh karena itu, mempelajari kaidah-kaidah fikih merupakan kewajiban bagi setiap orang yang menggeluti dunia fikih.


Buku ini berupaya keras memaparkan tujuh kaidah-kaidah fikih yang dikaitan dengan fikih muamalat, dengan gaya bahasa sederhana yang sesuai dengan kekinian dan dengan ungkapan yang jelas dan jauh dari unsur bertele-tele, ruwet, dan rumit.

Data koleksi Pustakaloka Nus

DR. Yusuf Al-Qaradhawi. 2014. 7 Kaidah Utama Fikih Muamalat. Jakarta: Pustaka Al-Kautsar

---

Konten ini merupakan kerjasama dengan Pustakaloka Nus

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda