Dries Buytaert si pembuat drupal - Juragan Post

Kamis, 12 November 2020

Dries Buytaert si pembuat drupal



Drupal merupakan salah satu content management system (CMS) yang banyak digunakan oleh Web Designer dalam membuat sebuah website. Pada awalnya Drupal merupakan sebuah Piranti lunak percobaan sederhana dari mahasiswa Universitas Antwerp yaitu Dries Buytaert. Dibantu temannya yang bernama Hans Snijder, Dries membuat sebuah website untuk keperluan diskusi dan berbagi informasi dengan teman-temannya. Setelah mereka lulus kuliah, Dries menambahkan beberapa fasilitas seperti moderation, rating, distributed authentication, dan lain sebagainya.

Setelah lulus dari bangku kulah, Dries mulai bekerja untuk GNU Linux WLAN FAQ.  Ia ikut mengembangkan Piranti lunak ini Mulai tahun 1999 sampai 2000. Sembari bekerja, dia terus berusaha mengembangkan Drupal agar menjadi lebih baik.

Untuk membantu orang lain yang ingin membuat dan mengembangkan website, lelaki yang lahir pada tanggal 19 November 1978 ini memutuskan untuk menjadikan Drupal sebagai Piranti lunak open source. Dia meluncurkan Piranti lunak open source nya dengan nama Drupal pada bulan Januari 2001.

Hal unik dari nama Drupal adalah produk salah ketik. Drupal pada awalnya diberi nama drop.org, namun karena salah lihat pada daftar domain yang tersedia maka terpilihlah domain drop.org. Kesalahan yang tidak disengaja inilah yang kemudian membuat keberuntungan berpihak pada Dries Buytaert. Ia kemudian memutuskan untuk mengubah nama drop.org menjadi Drupal. Kata Drupal sendiri berasal dari sebuah kata druppel yang berarti drop.

Pada tahun 2006 asosiasi Drupal didirikan. Komunitas Drupal memilih Dries sebagai presiden di asosiasi tersebut. Ia mengungkapkan melalui asosiasi inilah ia belajar menjadi lebih komunikatif. Tujuan dari komunitas rupa adalah untuk menciptakan platform website terbaik, memotivasinya untuk tidak berhenti mengembangkan Drupal.

Sebagai seorang sukarelawan dengan jabatan paling tinggi dan untuk proyek besar, tentu saja banyak hambatan yang harus ia alami. Ia harus bisa mengatur sukarelawan lain agar bisa bekerja semaksimal mungkin. Tekanan secara mental menjadi bumbu dalam pengerjaan proyek lakukan open source nya.

"We always get them Done, but it is often painful and stressful", ungkap Dries.

Berkat perkembangan Drupal yang begitu pesat, Piranti lunak open source ini mendapatkan penghargaan Open CMS Award pada tahun 2007.

Pada tanggal 1 Desember 2007, Dries memperlebar sayapnya dengan bergabung bersama Jay Batson membuat perusahaan yang bertujuan untuk mengembangkan Drupal. Perusahaan atau biasa disebut oleh sebagai "ekosistem Drupal" ini diberi nama Acquia.

Tanpa melepas perannya sebagai presiden di asosiasi Drupal, Dries harus bertanggung jawab pula mengatur perusahaan yang didirikannya. Dia sendiri mengaku bahwa berada di dua posisi yang sama-sama mempunyai peran penting sangat berat. Ia harus berjuang keras adalah komunitas Drupal dan Acquia tidak terbengkalai. Keterbukaan dan transparansi menjadi faktor penting yang harus diterapkan untuk meraih kesuksesan.

Acquia memberikan solusi untuk membangun, mengoperasikan, dan mengoptimalkan pengalaman pelanggan digital. Saat ini, Acquia memiliki sekitar 1.000 karyawan dan bekerja dengan banyak organisasi besar. Pada 2019, Vista membeli sebagian besar saham Acquia. Dries masih bekerja di Acquia sampai hari ini, menjalankan Manajemen Produk dan Pemasaran Produk.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda