IZI Launching Smart Farm Academy Ke-8 di Tangerang - Juragan Post

Rabu, 24 Maret 2021

IZI Launching Smart Farm Academy Ke-8 di Tangerang

Foto: istimewa


Tangerang, 24 Maret 2021. Inisiatif Zakat Indonesia ( I Z I ) melauching Program Smart Farm Academy Ke-8 di desa Pondok Kelor kecamatan Sepatan Timur Kabupaten Tangerang. Acara launching berjalan lancar dengan tetap mematuhi aturan protokol kesehatan (prokes covid 19). 

Launching Program Smart Farm Academy di Tangerang ini merupakan titik kedelapan. Acara serupa sebelumnya pernah di lakukan dibeberapa titik yang berbeda yakni, Jawa Tengah dan Jawa Timur. Program Smart Farm Academy, merupakan program yang menjadi fokus IZI dalam memberdayakan petani dhuafa untuk meningkatkan ketahanan pangan keluarga petani itu sendiri.

Hadir dalam acara ini sebanyak 20 orang yang peserta dalam program ini. 20 orang terpilih ini adalah perwakilan kelompok-kelompok tani dari 5 kecamatan, yakni Sepatan Timur sebagai tuan rumah, Sepatan, Kosambi, Sukadiri dan Tigaraksa.

Turut hadir dalam launching ini Nana Sudiana, Direktur Pendayagunaan IZI, selaku yang punya hajat. Kepala desa beserta unsur muspika ada Sekcam Sepatan Timur, Kapolek dan Danramil Sepatan. Dari lembaga teknis diwakili oleh BPP Sepatan.

H. Rianto selaku Fasilator program Smart Farm Academy mengatakan kepada awak media , pada hari ini kami bersama tim IZI Lauching program Smart Farm Academy yang kedelapan dengan jumlah peserta 20 orang perwakilan dari kelompok-kelompok tani dari lima kecamatan di Kabupaten Tangerang.

"Tim Fasilitor di sini akan mendidik para peserta selama satu bulan. Mulai dari pegarapan tanah, penanaman, penyemprotan, sampai pasca panen, serta cara memasarkan pertanian yang dihasilkan peserta," Ujar H. Rianto.

H. Rianto juga berharap agar para peserta hadir tepat waktunya, dapat menyimak dan mempratekan pembelajaran dari fasilitor.

M.Obo, ketua Poktan Kampung Malang, selaku fasilitor mengatakan bahwa kehadirannya saat ini guna memberikan edukasi dan motivasi kepada para petani yang mengikuti program Smart Farm Academy. Ia juga berharap program Smart Farm Academy dari IZI ini dapat menciptakan petani-petani muda yang berpotensi, sehingga ikut membantu program pemerintah untuk menjaga ketahanan pangan.

Sebagai simbolis di launchingnya program Smart Farm Academy ini dimulai dengan penanaman pohon cabai bersama oleh Nana sudiana selaku Direktur Pendayagunaaan IZI, beserta Danramil sepatan dan kepala desa Pondok Kelor.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda