Banten kembali masuk zona orange, WH ajak masyarakat disiplin protokol kesehatan - Juragan Post

Senin, 21 Juni 2021

Banten kembali masuk zona orange, WH ajak masyarakat disiplin protokol kesehatan

Petugas kepolisian sosialiasi protokol kesehatan. (foto: Antara)


Serang 21 Juni 2021. Banten kembali masuk zona orange penyebaran covid 19. Data Dinas Kesehatan Provinsi Banten,  menunjukkan peningkatan kasus Covid-19 dalam 1 bulan terakhir. Seluruh wilayah Kabupaten/ Kota kembali masuk zona oranye risiko penyebaran Covid-19.

Gubernur Banten Wahidin Halim (WH) mengajak masyarakat untuk disiplin melaksanakan protokol kesehatan. Hal itu untuk menekan peningkatan kasus Covid-19 yang kini sedang terjadi.

Menurut Wahidin Halim, peningkatan kasus Covid-19 yang terjadi saat ini akibat mobilitas warga pada Libur Lebaran 1442 Hijriah lalu. Masyarakat dilarang mudik, namun tempat wisata dibuka.

“Makanya wisata juga tutup, kemarin terbuka banget," ungkapnya kepada wartawan di Pendopo Gubernur Banten, KP3B Curug, Kota Serang (Senin, 21/6/2021).

Selain itu, lanjut mantan walikota Tangerang ini, masyarakat mulai mengalami kejenuhan untuk melaksanakan protokol kesehatan. 

Dikatakan, saat itu terjadi peningkatan kasus Covid-19. Sehingga kapasitas rawat inap Rumah Sakit turut tertekan. Tingkat keterisian rumah sakit saat ini sudah mencapai 80%.

"Dalam situasi biasa kita masih sanggup, karena kita memiliki sekitar 3.700 tempat tidur untuk perawatan. Sekarang kan tidak seperti tahun lalu, terjadi peningkatan luar biasa," ungkap lelaki yang akrab dipanggil WH.

Berdasarkan data Dinas Kesehatan provinsi Banten jumlah kasus konfirmasi per 19 Juni 2021 mencapai 53.487 dengan angka kasus aktif mencapai 2.619 atau 4,89 %. Adapun angka kesembuhan mencapai 49.494 atau 92,54% dan angka kematian 2,56 persen. 

WH juga menegaskan, pihaknya terus berkoordinasi dengan Pemerintah Pusat maupun dengan Pemerintah Kabupaten/Kota di Provinsi Banten untuk menekan peningkatan kasus Covid-19 yang terjadi saat ini.

Pada kesempatan itu WH kembali mengajak seluruh pihak untuk kembali meningkatkan serta saling mengingatkan untuk melaksanakan disiplin protokol kesehatan. Yakni : mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, menghindari kerumunan, serta membatasi mobilitas

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda